الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام علي سيد الانبياء والمرسلين وعلي اله واصحابه اجمعين.اما بعد،فيا ايهاالحاضرون رحمكم الله اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن الا وانتم مسلون اشهد ان لا اله الا الله واشهد ان محمدا رسول الله قال الله تعالي في كنابه الكريم يا ايها الدين امنوا اذا نوديا من يوم الجمعة فاسعوا الي ذكرالله وذروا البيع ذالكم خير لكم ان كنتم تعلمون/الجمعة ٩
Segala puji bagi Alloh yang menguasai seluruh alam
Dalam kutbah kali ini saya ingin menyampaikan kutbah dengan judul meningkatkan iman dalam bekerja. Berdasarkan firman Allah diatas bisa kita ambil makna tersirat didalamnya bahwasanya ketika sudah datang panggilan sholat bagi seorang muslim yang berakal, sehat, dan mukalaf maka hendaknya kita segera memenuhi panggilan tersebut karena hakikatnya itulah perkara yang menguntungkan bagi setiap muslim, mengapa demikian? Karena sesungguhnya Allah telah sangat memberi kelonggaran kepada manusia sebagai makhluk Allah swt untuk berbuat apa saja diatas muka bumi ini tetapi kebebasan tersebut jangan terlalu dituruti sehingga melalaikan tugas manusia sebagai hamba yaitu mengabdi atau beribadah kepada Tuhannya. Berdasarkan ayat diatas Allah mengingatkan kepada manusia agar bisa berbuat adil didalam hidupnya bisa memilah o....ini waktunya sholat, bekerja, bersantai, berbelanja, dan seterusnya sehingga manusia bisa menjadi makhluk yang dinamis, bisa membagi waktunya dan juga manfaatnya sesuai aturan Allah swt sebagaimana tersirat dalam sabda Nabi muhammad saw yang artinya:"Beramalah untuk duniamu seakan kau hidup selamanya, dan beramalah untuk akhiratmu seakan kau akan mati esok."Jadi sebagai muslim yang baik kita harus bisa membagi waktu dengan sebaik-baiknya.
Sebagaimana kita ketahui kefakiran dapat menjerumuskan seseorang dalam kekufuran. Kefakiran adalah salah satu penyakit yang sering membuat orang terjerumus dalam lembah kemaksiatan. Coba anda ambil contoh yang ada di sekitar kita, maka rasanya tidak sulit untuk mendapatkannya. Kalau seseorang lama mengalami kemiskinan maka sebagian menempuh jalan merampok, mencuri, ada pula yang mencari pesugihan, memelihara tuyul, dan sebagian mengakhiri hidup atau bunuh diri.
Oleh sebab itu harta merupakan hal urgen dalam agama, Allah memerintah hambanya agar mempunyai etos kerja tinggi dalam meraih kehidupan dunia mendapat perhatian besar Islam.
Pada QS jum'ah ayat 9 Allah menyerukan untuk shalat jum'at, hukumnya wajib bagi setiap muslim. Makna seruan adalah adzan, jadi kalau diartikan secara sempit wajib mendirikan shalat jum'at hanya ketika mendengar adzan, sedang yang tidak mendengar tidak wajib.
Abdullah bin umar dan Anas berpendapat dalam satu kota batas 6 mil wajib bersegera menunaikan shalat jum'at. Pendapat imam malik adalah 3 mil, sedangkan imam syafi'i adalah muadzin yang lantang suaranya, keadaan angin tenang, imam hanifah berpendapat wajib hukumnya shalat jum'at bagi penduduk kota baik mendengar adzan atau tidak.
Makna kata seruan sebetulnya tidak hanya sebatas adzan muadzin pada hari jum'at, tetapi seruan dari Allah. Nabi bersabda:" Barang siapa yang mandi pada hari jum'at menyerupai mandi jinabat, kemudian pergi shalat jum'at sama halnya dengan berkurban seekor unta. Barangsiapa pergi pada saat kedua sama dengan berkurban seekor sapi, siapa yang pergi ketiga sama dg berkurban seekor domba, barang siapa pergi keempat sama seperti kurban seekor induk ayam, siapa yang pergi kelima maka seperti kurban sebutir telur. Maka apabila imam telah keluar hadirlah malaikat malaikatb turun mendengarkan dzikir(H.R Muslim).
Fas'au ila dzikrillah itu gabungan dari sejak adzan, khutbatain, iqamat, dan shalat jum'at. Bahkan said bin jubair berpendapat bahwa khutbah adalah wajib semuanya. Meskipun ada yang berpendapat bahwa khutbah tidak termasuk wajib. Ini merupakan paham yang lemah.
Tinggalkan jual beli artinya kalau sudah waktunya shalat jum'at hendaklah segala macam kesibukan seperti jual beli, perniagaan, bekerja dikantor, segera ditinggalkan. Ini menunjukkan kerasnya perintah shalat jum'at bagi orang beriman.
Pada ayat 10, setelah shalat jum'at kalian boleh bertebaran mencari karunia Allah, maksutnya bisa kembali berusaha, bekerja sebagai pegawai,berdagang, bertani, menjahit, dan lain lain.
Pada ayat 11, diawali dengan pernyataan sikap sebagian orang mukmin yang masih silau dengan perniagaan, dengan duniawi padahal mereka sedang mendengar khutbah Nabi saw.
Diceritakan pada waktu Nabi berkhutbah datang rombongan dagang dan diadakan penyambutan secarai ramai termasuk orang mukmin yang sedang mendengar khutbah, mereka keluar dari masjid, asbabun nuzul ayat ini berkenaan dengan peristiwa Dyah alKalby tiba disyam dg membawa dagangan seperti tepung,gandum, minyak dll. Para wanita ikut menabuh gendang supaya orang datang berbelanja membeli dagangan yang dibawa.
Kecendrungan seperti itu pun nampak pada manusia sekarang dimana manusia mendewakan materi dimana selalu disibukkan urusan dunia,bahkan sampai lupa waktu serta melupakan Tuhannya. Na'udzubilah....
Allah mengingatkan bahwa apa yang ada disisi Allah lebih baik dari permainan dan perniagaan. Disisi Allah ada keridhaan dan pahala yang diberikan jauh lebih baik dari apa yang diusahakan manusia. Sehingga ketika sedang beribadah maka lupakanlah urusan duniawi karena pemberi rizki yang terbaik adalah Allah, disamping kita harus berikhtiar untuk memperoleh rizki yang halal.
Rasul mengajarkan kita doa supaya terhindar dari sifat malas dan selau semangat dalam bekerja yaitu: "allahuma inni a'udzubika minal 'ajzi walkasali, wajubni, walharami,walbukhli, wa'udzubika min adzabil qobri wamin fitnatil mahya wal mamat.
Dalam firman yang lain Allah bersabda:
وابتغ فيما ءاتاك الله الدار الاخرة ولا تنس نصيبك من الدنيا واحسن كما احسن الله اليك ولا تبغ الفساد فى الارض ان الله لا يحب المفسدين /القصص: ٧٧
Artinya:"Dan carilah apa yang telah dianugrahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat. Dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari kenikmatan duniawi dan berbuat baiklah kepada oranglain sebagaimana Akeduanya ya berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan dimuka bumi ini karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang- orang yang berbuat kerusakan.(al-Qasas:77)."
Dengan firman Allah tersebut Allah memerintahkan agar kita senantiasa bersiap-siap untuk kehidupan kita diakhirat namun tidak melupakan tentang kehidupan kita di dunia ini yang mana kita harus bekerja, bertetangga, dan harus membantu orang lain serta mencukupi kehidupan keluarga bahkan ada sebagian pendapat yang menyatakan bahwasanya amal yang kita kerjakan untuk dunia juga bisa menjadi amal akhirat yaitu dengan meniatkannya untuk mencari keridhaan Allah swt dan sebagai bekal untuk beribadah kepada Allah.
انما الاعمل بالنية وانما لكل امرئ ما نوي
Sebuah riwayat dari Anas yang menceritakan tentang bagaimana sih mengatur hidup di dunia ini yang baik menurut Rasul saw:
: قال رسول ص م : ليس بخيركم من ترك دنياه لاخرته ولااخرته لدنياه حتى يصيب منهما جميعا فان الدنيا بللا غ الى الاخرة ولا تكونوا كلا على النا س
Artinya:" Dari Anas ra berkata, Rasul bersabda: " Bukanlah orang yang baik diantara kamu orang yang meninggalkan kepentingan dunia untuk kepentingan akhirat atau meninggalkan akhirat untuk mengejar dunia sehingga dia bisa menyeimbangkan keduanya.Karena sesungguhnya dunia merupakan sarana untuk menuju akhirat dan janganlah kamu menjadi beban bagi orang lain."
Hadirin sidang jum'at rahimakumullah....
Dari keterangan ayat dan hadits diatas bisa kita simpulkan bahwasanya didunia ini kita harus bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dan juga bekerja dengan segiat-giatnya serta beribadah dengan setaat-taatnya yang mana kesemuanya merupakan bekal untuk kehidupan kita nanti di akhirat. Semoga Allah senantiasa membimbing kita menuntun kita dan menunjukkan kita kepada jalan yang diridoinya.
جعلنا الله من العملين الفاءزين،سالكين لطريق العابدين المخلصين ،فاستغفروا ربكم انه هوالغفور الرحيم.اه
Tidak ada komentar:
Posting Komentar